Senin, 04 November 2013

Memiliki gigi yang putih bersih adalah dambaan setiap orang. Dengan gigi yang putih dan bersih akan tercermin bahwa kita adalah orang yang rajin memelihara gigi. Namun bagaimana jika gigi yang terlihat sehat namun warnanya kuning. Itu bisa saja terjadi apabila perawatan gigi yang kamu lakukan kurang benar, atau sudah benar namun melakukan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning, atau bisa juga karena faktor lain yang bisa menyebabkan gigi kita kuning.
Tips merawat gigi agar tetap putih
Berikut beberapa tips agar gigi tetap putih dan bersih :
1.      Rajin menyikat gigi
Ini adalah hal wajib dan paling utama jika menginginkan gigi yang sehat dan putih. Lakukan menggosok gigi dua kali sehari sebelum tidur dan setelah makan. Namun perlu diingat, bahwa menggosok gigi harus lembut dan pelan-pelan. Karena jika menggosok gigi terlalu keras bisa menyebabkan rusaknya lapisan gigi.
2.      Hindari penyebab gigi kuning
Jika ingin mendapatkan gigi yang putih, harus rela mengindari penyebab gigi kuning. Seperti Rokok, kopi yang mengandung kafein, dan teh, harus kamu kurangi, karena menurut sidomi, ketiga hal tersebut bisa meninggalkan noda karang di gigi kita.
3.      Gunakan Sedotan dan berkumur
Apabila kamu tidak bisa menahan untuk minum kopi, dan terpaksa harus meminumnya. Minumlah dengan menggunakan sedotan agar kafein yang terkandung dalam kopi tidak bersentuhan langsung dengan gigi. Dan juga minumlah ketika sudah menjadi hangat, jangan ketika masih panas, karena minuman panas juga dapat merusak  gigi. Kemudian setelah selesai minum, kumurlah dengan air mineral agar nodal yang menempel pada gigi bisa segera terkikis.
4.      Bersihkan karang gigi.
Apabila di gigi kamu sudah muncul karang gigi, segeralah pergi ke dokter gigi untuk membersihkannya. Jangan menunda waktu, karena bisa menimbulkan resiko yang lebih parah. Selain itu, secara estetika karang gigi juga tidak enak dilihat mata.
5.      Konsumsi sayuran dan buah
Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin bisa membantu mencegah munculnya noda pada gigi, selain itu bisa juga membantu memutihkan gigi kita secara alami. Buah dan sayur yang baik untuk gigi antara lain seperti bayam, salada, brokoli, wortel atau bisa juga strawbery.
6.      Bleaching
Jika kamu memilih dana lebih, atau jika kamu termasuk orang kaya, bisa memutihkan gigi dengan cara instant, yaitu dengan melakukan bleaching. Untuk melakukan bleaching ini bisa melalui kliknik gigi atau klinik perawatan kecantikan.
Nah kalau tadi tips memutihkan gigi, sekarang tips cara merawat gigi biar sehat,
Berikut 10 tips merawat gigi :
  1. Menggosok gigi 2 kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur. Sikat seluruh bagian gigi dengan cara yang benar sesuai bagian masing-masing. Ganti sikat gigi anda bila bulu sikat sudah mekar/rusak.

  1. Gunakan dental-floss (benang gigi) bila diperlukan untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak mudah dijangkau dan gunakan obat kumur untuk mengatasi bau mulut.

  1. Hindari penggunaan tusuk gigi untuk membuang sisa makanan. Sebab, bisa melukai gusi dan mengakibatkan gusi bengkak.

  1. Kurangi konsumsi makanan manis, lengket, dan asam. Segeralah berkumur sesudah makan makanan tersebut. Gula adalah penyebab utama pembusukkan gigi dan jika bergabung dengan plak, bakteri Streptococus mutans akan menghasilkan asam yang mempercepat pembentukan lubang gigi (karies).

  1. Pilih permen karet bebas gula karena dapat merangsang produksi air liur (saliva) untuk mencegah masalah gigi berlubang.

  1. Merawat email gigi dengan suplemen fluoride hanya efektif hingga usia 11 tahun. Selanjutnya gunakan pasta gigi berfluorida. Karena selain dapat memperkuat, gigi akan terlihat lebih putih bersih.

  1. Membersihkan lidah dengan cara disikat perlahan setelah selesai gosok gigi dapat menjaga nafas segar lebih lama.

  1. Biasakan menggunakan kedua sisi rahang saat mengunyah sehingga tercipta beban seimbang untuk kesehatan dan kekuatan sendi rahang.

  1. Hindari kebiasaan buruk seperti mengunyah makanan keras (es batu, permen keras), menggigit pulpen, berkeletuk saat emosi atau tidur. Hal ini akan merusak struktur gigi.

  1. Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk perawatan maksimal. Bila anda pernah mencabut gigi, tambal gigi anda atau gunakan gigi palsu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Itulah tadi beberapa tips cara merawat dan memutihkan gigi. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua
Thanks...
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar